K-Movie: JooMunJin

Ini adalah film Kibum yang menjadi alasan utama dia tidak pernah tampil dalam promo Sory-Sory bersama Super Junior tahun lalu. Usaha Kibum untuk film ini sepertinya pol-polan, dari memanjangkan rambut (apa hair extension ya? Sumpah rambutnya indah banget), beradaptasi di desa tempat pengambilan gambar film ini (menurut berita dia dan Hwang Bo Ra menghabiskan waktu yang cukup lama di desa ini), dan tentu saja meninggalkan Super Junior yang saat itu sedang promo album ke-3. Lalu seperti apa sih film ini?

Alkisah ada seorang supir taksi yang mendapat keluhan dari seorang penumpangnya. Penumpang ini adalah pemilik villa di daerah pegunungan. Laki-laki itu mengeluhkan kalau Villanya itu berhantu, dan tak ada orang yang mau menyewanya dan dia memutuskan untuk menjualnya tapi setali tiga uang, tak ada orang yang berniat membeli Villa dengan bonus hantu tentunya. Alhasil villa itu ditinggalkan begitu saja oleh sang pemilik. Mendengar itu, sang supir taksi pun memberitahukannya kepada sang adik sepupu bernama JinHee.

JinHee adalah seorang gadis yang unik, dia mengaku kalau dia mempunyai kekuatan untuk mengusir hantu, dan karena alasan itulah JinHee diajak sang kakak untuk mengusir hantu di villa tersebut dan kalau hantunya berhasil diusir otomatis Villa itu bisa mereka gunakan sepuasnya.

Maka pergilah JinHee dan sang kakak (si supir taksi itu…duhh…lupa nyatat namanya hehehe) ke villa tersebut. Seperti yang sudah diduga, villa itu memang berhantu. JinHee yang memang tidak punya rasa takut mulai mencoba mengeksploras villa tersebut dan saat membersihkan beberapa perabot, kalung stopwatch yang sering ia pakai terlepas dan saat itu juga mati lampu dan terdengar jeritan sang kakak. Ternyata kaki sang kakak terperosok dalam sebuah lubang di lantai villa itu, dengan ketakutan sang kakak mengajak JinHee untuk lari. Mereka pun lari namun JinHee teringat kalungnya yang lepas, dia pun memutuskan untuk kembali. Dan sesampainya di sana JinHee disambut tatapan sepasang mata misterius dari sesosok laki-laki berambut panjang indah. Merasa terganggu si laki-laki itu mencekik leher JinHee hingga membuat gadis itu pingsan. Melihat JinHee pingsan, sosok itu pun berusaha memberi napas buatan.. ha?? Hantu kasih napas buatan?? Hehehe…JinHee pun sadar dan mereka pun beradu pandang. Seketika JinHee jatuh cinta pada sang ‘hantu’.

Tapi karena sang ‘hantu’ telah memberikan napas buatan padanya, maka JinHee yakin bahwa dia bukanlah hantu tapi manusia biasa. Maka bersama kakak, bibi dan teman bibinya JinHee kembali ke villa itu untuk mengusir si hantu jadi-jadian itu. Tapi ternyata perkiraan JinHee salah, saat mereka tiba di sana keadaan Villa mulai berubah seperti berhantu, alias semua beda bergerak sendiri. Pintu yang bisa terbuka sendiri, piano yang berdenting sendiri dan barang-barang lain yangjuga bergerak sendiri. Kembali JinHee percaya bahwa memang ada hantu yang berdiam di villa itu. JinHee memang ingin meninggalakan villa itu namun dia ingat kalau kalung stopwatchnya masih tertinggal dan dia yakin sang hantu itu telah mengambilnya. Dengan keberaniannya JinHeeberteriak pada si hantu untuk mengembalikan kalungnya.

Sejak saat itu, JinHee memanggil si hantu dengan sebutan ‘Ghost’. Dan di dalam villa itu dia juga menemukan sepatu dan pakaian wanita serta foto seorang gadis. JinHee mulai mengerti dengan situasinya. ‘Ghost’ adalah hantu yang kesepian. Hantu yang bersedih karena kehilangan sang kekasih. Di dalam lemari, JinHee menemukan banyak sekali surat yang ditulis ‘Ghost’ untuk seorang gadis bernama SooHee. JinHee pun mulai berusaha menjalin hubungan yang baik dengan si ‘Ghost’. JinHee ingin membantu si ‘Ghost’ terlepas dari kesedihannya. Maka segala barang-barang Soohee dikeluarkan dan semua surat yang ditulis Ghost di ambil dan dibawa ke kantor pos untuk dikirimkan. Dan memang surat-surat itu akhirnya kembali ke villa itu.

Dan menurutku inti dari cerita ini adalah pada bagian JinHee ‘melenyapkan’ semua barang SooHee. Karena setelah itu sosok SooHee pun muncul…yup benar SooHee adalah hantu yang tersesat dalam villa itu. Kenapa? Karena memang kekasihnyalah yang membuat dia terikat di sana. Ketidakrelaan sang kekasih (Ghost) dengan kepergian SooHee justru membuat SooHee tidak bisa pergi dari dunia ini dan akhirnya menjadi hantu yang tinggal di villa tersebut. Dan benar sekali ‘Ghost’ bukanlah hantu…dia adalah manusia biasa yang menutup dirinya dari dunia karena kehilangan kekasihnya tepat di saat mereka akan menikah.

Pendapat pribadi: Uhmm…entah kenapa aku nggak terlalu enjoy dengan film ini. Ekspresi Kibum sebagai manusia yang dikira hantu, bisalah dibilang sukses…ekspresi dia yang menunjukkan sebagai seseorang yang kesepian..okelah…tapi kenapa aku nggak menemukan greget dalam film ini. Disebutkan bahwa kategori film ini adalah Drama/Romance…tapi entah kenapa aku merasa romancenya gak terlalu dalam di sini. Pergerakan hubungan JinHee dan Ghost kalau diandaikan seperti dimulai dari angka 0-40 terus terputus dan tiba-tiba langsung ke 100. Entah aku merasa ada yang kurang di situ. Dan aku juga tidak menemukan ‘manfaat’ dari adaptasi Kibum selama beberapa waktu di desa tersebut demi mendalami perannya ini. Yang pertama dia tidak banyak punya banyak dialog di sini dan kalaupun ada, kata-kata yang ia ucapkan pasti bernada datar dan terkesan dingin (khas gaya hantu atau manusia yang kesepian), jadi tidak ada adaptasi dialek khas desa tersebut (mungkin ini lebih berguna untuk pemeran JinHee dan kakaknya), kedua 90% set Kibum di fim ini adalah di dalam Villa, seandainya ada sebuah kilas balik yang cukup essensial yang memperlihatkan kehidupannya sebelum kekasihnya meninggal mungkin saja adaptasi itu berguna. Dan pendapat lainku adalah sebagai seorang yang kesepian dan mengurung diri dalam villa tak berpenghuni rambut Kibum terlalu indah (sumpah aku iri hehehe…) dan oh ya keahlian Kibum meneteskan air mata hanya dalam beberapa detik yang ia tunjukkan dalam EHB, sukses ia perlihatkan di film ini…air mata yang sangat dramatis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: